Enter your keyword

post

Tracer Study Training dan EXLIMA Conference

LPBPK STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung kali ini berkesempatan menghadiri  Tracer Study Training dan EXLIMA Conference yang diadakan di Bali pada tanggal 11 – 16  November 2018 lalu. Acara ini diprakarsai oleh Career Development Center Universitas Indonesia (CDC UI) yang menghadirkan pembicara asal Jerman dan Indonesia yakni Harald Schomburg (University of Goettingen), Rene Kooij (University of Kassel) dan Ahmad Syafiq (Universitas Indonesia). Terdapat tiga agenda penting dalam acara tersebut yaitu Tracer Study Training, INGRADNET Meeting, dan EXLIMA Conference yang semuanya diadakan di Bintang Bali Resort, Kuta, Bali.

Tracer Study Training

Tracer Study Training berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 11 – 12 November. Training ini dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari 3 negara yakni Indonesia, Filipina, dan Namibia. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan software versi terbaru  Questions, Tables, and Figures (QTAFI Version 3.0) yang diciptakan oleh Harald Schomburg. QTAFI adalah sebuah software yang dikembangkan untuk membuat kuesioner penelitian tracer study. Tak hanya tracer study, semua jenis penelitian kuantitatif yang membutuhkan data dan pertanyaan yang kompleks pun bisa dibuat melalui sistem QTAFI. Selain di Jerman, sistem ini juga sudah dipakai di negara-negara Afrika seperti Namibia dan Malawi untuk melacak alumni yang lulus dari universitas-universitas yang ada di negara-negara tersebut. QTAFI juga bisa digunakan untuk meneliti sejauh mana kepuasan pelanggan / pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan. Di Indonesia sendiri, Tracer Study CDC UI sudah menggunakan QTAFI versi 2.0. Pada hari pertama, Harald memperkenalkan cara kerja sistem QTAFI yang sedikit berbeda dengan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Pada hari kedua, masih dengan jumlah peserta yang sama, dilakukan analisis dan interpretasi data yang mengambil contoh hasil tracer study dari National Council for Higher Education of Namibia. Tracer Study Training menyisakan kenangan bagi para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, seperti halnya kerumitan dalam pengolahan data, perbincangan tentang topik tracer study dan keunggulan QTAFI dari sistem yang lain.

INGRADNET Meeting

Pada tanggal 14 November 2018, diselenggarakanlah INGRADNET (International Graduate Surveys Network) Meeting yang juga bertujuan untuk membentuk kepengurusan INGRADNET Indonesia. Pada kesempatan kali ini, terpilihlah Harald Schomburg sebagai Presiden INGRADNET dan Ahmad Syafiq sebagai Direktur INGRADNET Indonesia. Selain itu pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang pertemuan INGRADNET pada tiap tahunnya serta tugas dan tanggung jawab masing-masing penanggungjawab tracer study terhadap datanya. Event ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari Indonesia, Namibia, Malawi, Jerman, dan Perancis.

 EXLIMA Conference

EXLIMA (Experiences with Link and Match in Higher and Vocational Education, Utilisation and Challenges) Conference adalah sebuah konferensi tentang hasil tracer study yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan hasil penelitian tentang kepuasan pelanggan atau pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan. Konferensi dilaksanakan selama dua hari di Bintang Bali Resort, Kuta, Bali. Harald Schomburg (Jerman) menjadi keynote speaker dalam acara ini. Pada kesempatan ini, Harald mengatakan bahwa tracer study bisa memberikan informasi detail tentang hal-hal yang perlu diketahui dan diperbaiki oleh sebuah institusi. Employer study juga tak kalah penting untuk dilakukan dan dianalisis karena hasil studi ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana kapasitas dan kapabilitas seorang lulusan terhadap institusi kerjanya. [RH]

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.