Enter your keyword

post

Sosialisasi Bantuan Pendanaan Kegiatan Ko Dan Ekstra Kurikuler oleh LPBPK

Sosialisasi Bantuan Pendanaan Kegiatan Ko Dan Ekstra Kurikuler oleh LPBPK

LPBPK sebagai lembaga pembimbingan minat dan karir mahasiswa terus melakukan upaya-upaya untuk mencapai visi misinya. Kali ini, LPBPK melaksanakan kegiatan. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Babel STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung pada hari Kamis tanggal 21 Februari 2019. Sosialisasi ini dihadiri Kepala LPBPK beserta jajaran serta pengurus seluruh ukm di lingkungan STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Terdapat 9 UKM yang hadir dan diwakili oleh 25 orang pengurusnya. UKM-UKM tersebut antara lain Kowirma, Hizbul Wathan, Karate, Basket, Mapala, Bahterasia, Marching Band, paduan suara serta dihadiri pula oleh pengurus BEM STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Sebagai pembuka kegiatan, para pengurus UKM yang hadir diberikan pengarahan dan motivasi oleh Wakil Ketua III STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Bapak Gatot Afrianto, S.Sos.I.

Waka III dalam sambutannya menyatakan bahwa bantuan pendanaan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pengurus UKM agar dapat memajukan diri dan perguruan tinggi. Setiap UKM diwajibkan untuk mengajukan proposal kegiatan yang akan diunggah ke Kemenristekdikti untuk mengikuti proses seleksi agar dapat dibiayai. Adapun jenis kegiatan yang dapat diajukan meliputi lomba, kompetisi, seminar, dan sejenis di bidang penalaran, kreativitas atau minat bakat yang meliputi bidang keorganisasian, penalaran, kewirausahaan, olahraga, seni dan budaya.

Ditambahkan pula oleh Said Akhmad Maulana, M.Pd. sebagai kepala LPBPK, bahwa sebaiknya, pengurus UKM merancang kegiatan yang telah tertera di rencana kegiatan ukm yang tercantum dalam AD-ART tiap UKM. Oleh karenanya, dalam kegiatan sosialisasi ini para perwakilan UKM diminta untuk membuat rancangan proposal yang akan diajukan. Dari kegiatan ini, dihasilkan beberapa rancangan proposal dari perwakilan tiap UKM, antara lain Proposal Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah, Seminar Pelatihan “Teknik Ampuh Budidaya Hidroponik”, Lomba Paduan Suara Tingkat Perguruan Tinggi, Lomba Musikalisasi Puisi Mahasiswa Se-Bangka Belitung dan berbagai proposal kegiatan lainnya.

Adapun Bantuan Pendanaan Kegiatan Ko Dan Ekstra Kurikuler ini diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan maksimal pendanaan sebesar Rp 10.000.000,- dan terbuka bagi seluruh kegiatan ko dan ekstra kurikuler di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Kedepannya diharapkan bahwa kegiatan yang telah dirancang oleh pengurus UKM ini dapat diproses dan lolos seleksi agar dapat mengembangkan dan memajukan ukm yang ada di STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, khususnya bagi para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. (fk)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.